PROFIL

YAYASAN SAHABAT QUR’AN

Kegiatan Yayasan Sahabat Qur’an adalah di Pesantren Rumah Tahfidz, Pengadaan Mushaf Al Qur’an, Dakwah dan Sosial.

Secara legal-formal Yayasan Sahabat Qur’an didirikan dengan akta notaris Nomor: 04, tanggal 09 Juni 2015, dibuat oleh Tia Agustina, SH. Notaris di Depok, tentang pendirian Yayasan Sahabat Qur’an .

Sebagaimana yayasan lain pada umumnya inti aktivitas di Sahabat Qur’an adalah Pesantren Rumah Tahfidz, Pengadaan Mushaf Al Qur’an, Dakwah dan Sosial . Namun sebagai sebuah yayasan, maka pada Yayasan Sahabat Qur’an terdapat beberapa keunikan atau ke-khas-an dibandingkan Yayasan lain pada umumnya. Salah satu diantaranya adalah tingginya intensitas aktivitas Pengadaan dan Penyebaran Mushaf Al Qur’an di seluruh Indonesia. Tingginya intensitas aktivitas Pengadaan dan Penyebaran Mushaf Al Qur’an tersebut dapat dirasakan baik sejak awal masa pendirian maupun hingga saat ini.

Setidaknya ada beberapa faktor atau kondisi yang dapat digunakan untuk menjelaskan keunikan di atas, yaitu semangat dakwah dan sosial. Semangat dakwah dan sosial merupakan sebuah semangat yang melekat pada diri Ustadz H. Abdul Fattah selaku pendiri dan pemimpin sentral di Yayasan Sahabat Qur’an. Di sejumlah literasi kita dapat menemukan cerita perjalanan hidup beliau yang diantaranya diliputi dengan terjadinya proses tumbuh kembang semangat pada diri beliau. Semangat itulah yang kemudian menjelma menjadi sebuah semangat dakwah yang mewarnai corak Yayasan Sahabat Qur’an yang beliau pimpin secara langsung. Di sisi lain, dapat kita pahami pula bahwa semangat dakwah adalah sebuah cita-cita dan idealisme dari pendirian Yayasan Sahabat Qur’an agar tumbuh kembang Yayasan Sahabat Qur’an dan keseluruhan aktivitasnya didasarkan kepada kemampuan diri dan dukungan dari berbagai pihak. Sehingga diharapkan akan muncul independensi dan keleluasan dalam berkreasi. Tentu pada idealisme tersebut tidak dinafikan adanya peluang kemitraan dan kerjasama dengan sebanyak-banyaknya pihak. Dalam hal ini maka semangat dakwah dan sosial adalah sebuah paket yang saling menunjang satu sama lain.

Yayasan Sahabat Qur’an tidak hanya bergerak dibidang dakwah dan sosial saja tetapi berkembang di sektor perumahan syariah, makanan beku (frozen Food), dan pendidikan yang berupa e-learning program yang berfokus pada pembelajaran mental dan enterpreneur.